Kamis, 13 September 2012

Posisi Keuangan/Neraca



Unsur laporan keuangan yang berkaitan langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah asset, kewajiban dan ekuitas seperti yang terdapat dalam laporan posisi keuangan (neraca).
1.        Aset (Asset)
Aset adalah sumber daya yang dikuasai entitas sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan diharapkan dapat memberi manfaat ekonomi di masa depan bagi entitas yang diklasifikasikan menjadi asset lancar dan asset non lancar.
2.        Kewajiban (Liabilities)
Kewajiban merupakan kewajiban masa kini entitas yang timbul dari peristiwa masa lalu, yang penyelesaiannya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya entitas yang mengandung manfaat ekonomi. Kewajiban terdiri dari kewajiban jangka pendek dan kewajiban jangka panajang
3.        Ekuitas (Equity)
Istilah ekuitas berasal dari kata equity atau equity of ownership yang berarti kekayaan bersih perusahaan. Secara sederhana, ia diformulasikan sebagai total aktiva dikurangi total pasiva atau hak residual atas aset entitas setelah dikurangi semua kewajiban.
Dalam sebuah entitas komponen ekuitas terdiri dari saham, laba ditahan dan agio saham yang semuanya merupakan milik entitas itu sendiri, namun berbeda dengan perusahaan kecil yang biasanya terdiri dari modal pemilik dan laba ditahan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar